Mesir Tantang Senegal Di Final Piala Afrika 2021

By ommed


nusakini.com - Mesir mengamankan tiket ke final Piala Afrika 2021 sebagaimana mereka mengandaskan mimpi tuan rumah Kamerun di drama adu penalti, Jumat (4/2) dini hari WIB tadi.

Duel semi-final yang digelar di Stade Omnisport Paul Biya, Yaounde semalam merupakan pertemuan ke-11 kedua negara di ajang Piala Afrika, dan tidak ada tim yang bertemu lebih sering ketimbang mereka dalam sejarah kompetisi ini.

Di pertandingan ini, kedua tim sama-sama menurunkan kekuatan terbaiknya, dengan Kamerun mengandalkan duet produktif Karl Toko Ekambi (5) dan Vincent Aboubakar (6), yang di turnamen tahun ini berhasil menjaringkan semua 11 gol negaranya.

Dari seberang, Mesir bertumpu pada striker bintang Mohamed Salah dan gelandang Mohamed Elneny untuk memberikan perlawanan kepada Indomitable Lions.

Babak pertama dan kedua berjalan sama kuat untuk mereka, sehingga wasit meneruskan laga ini ke babak tambahan. Tapi sebelum paruh kedua berakhir, Mesir kehilangan pelatih Carlos Queiroz yang menerima kartu kuning kedua setelah bersitegang dengan wasit.

Karena belum ada gol yang tercipta selama dua kali perpanjangan waktu, duel ini diputuskan melalui adu penalti.

Di momen krusial tersebut empat dari tiga penendang Kamerun gagal melaksanakan tugasnya selagi hanya Aboubakar yang berhasil memperdaya kiper Mohamed Abou Gabal.

Sementara tiga penendang Mesir sukses menjalankan eksekusi dan mengantar tim Pharaohs ke final Piala Afrika untuk menghadapi Senegal, yang di pertandingan sebelumnya mendepak Burkina Faso.

Menurut rencana, final Piala Afrika edisi 2021 akan digelar stadion yang sama pada Senin (7/2) dini hari WIB mendatang. (gi/om)